Kompas.com - 01/03/2016, 12:02 WIB
Ilustrasi: Teller Bank BJB melayani nasabah. KOMPAS.com/Reni SusantiIlustrasi: Teller Bank BJB melayani nasabah.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
BANDUNG, KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) sepanjang tahun 2015 membukukan laba bersih Rp 1,38 triliun. Jumlah itu meningkat 24,7 persen dari setahun sebelumnya.

Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan menuturkan penyumbang utama laba bersih berasal dari pendapatan bunga yang tumbuh 11,5 persen. Selain itu pendapatan berbasis komisi (fee based income) tumbuh 10,9 persen.

“Seiring dengan meningkatnya laba perusahaan, total aset Bank BJB sepanjang 2015 naik sebesar 16,9 persen atau mencapai Rp 88,7 triliun," ujar Ahmad Irfan dalam keterangan resminya, Selasa (1/3/2016).

Total kredit yang sudah disalurkan oleh Bank BJB hingga akhir 2015 mencapai Rp 55,3 triliun atau naik sebesar 12 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Dari semua segmen kredit, segmen kredit konsumer tercatat tumbuh 13,8 persen (year on year/yoy) menjadi Rp 38,2 triliun, dengan jumlah nasabah yang meningkat dari 350.446 menjadi 364.827 nasabah.

Kredit korporasi dan komersial tumbuh signifikan menjadi Rp 9,2 triliun atau naik 35 persen yoy. Adapun rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) turun dari posisi 4,1 persen di akhir 2014 menjadi 2,9 persen per Desember 2015.

“Kami bertekad untuk melanjutkan trend peningkatan kinerja Perseroan di tahun 2016 ini, terlebih dengan kondisi ekonomi yang diperkirakan akan lebih baik dibanding tahun lalu,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.