Kompas.com - 03/03/2016, 16:01 WIB
Menteri ESDM Sudirman Said (tengah) di Kantor Kementerian ESDM Jakarta Senin (29/2/2016) Yoga SukmanaMenteri ESDM Sudirman Said (tengah) di Kantor Kementerian ESDM Jakarta Senin (29/2/2016)
|
EditorM Fajar Marta
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said memastikan program kelistrikan 35.000 megawatt (MW) terus berjalan.

Dalam dua bulan pertama tahun ini, sudah ada penandatanganan kontrak baru Perjanjian Pembelian Listrik (Power Purchase Agreement/PPA) sekitar 2.000 MW.

"Jalan dua bulan ini ada progres penandatangan sekitar 2.000 MW. Itu artinya progres berjalan terus-menerus," kata Sudirman di Jakarta, Kamis (3/3/2016).

Pada akhir tahun 2015, Perusahaan Listrik Negara (PLN) berhasil menyelesaikan penandatanganan PPA dengan jumlah 17.340 MW.

Dengan demikian, hingga saat ini jumlah PPA yang sudah ditandatangani mencapai 19.287 MW.

"Tentunya PPA merupakan tahap awal. Tahapan berikutnya financial closing (jadwal pembiayaan). Kemudian pemberesan dokumen yang sudah direncanakan, konstruksi, dan setelah itu masih akan memakan beberapa waktu lagi," lanjut Sudirman.

Harian Kompas/M Fajar Marta Program Listrik 35.000 MW
Sementara itu, Direktur Pengadaan PLN Supangkat Iwan Santoso mengatakan, hingga kini, proyek yang sudah menyelesaikan financial closing (FC) atau jadwal pembiayaan sebanyak 5.329 MW.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proyek tersebut terdiri dari 2.920 MW yang digarap PLN, dan sisanya dikerjakan pengembang swasta.

"Kita menargetkan, kontrak PPA yang ditandatangani tahun ini sebesar 15.500 MW," imbuh Iwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.