Awal Maret 2016, BI Pantau Inflasi 0,05 Persen

Kompas.com - 04/03/2016, 16:33 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo. KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SGubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo.
|
EditorM Fajar Marta
JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memprediksi, Indeks Harga Konsumen (IHK) pada bulan Maret 2016 akan mengalami inflasi.

Hal ini didasarkan pada survei pemantauan harga yang dilakukan bank sentral pada pekan pertama bulan Maret 2016 ini.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo menyatakan, berdasarkan survei yang dilakukan sampai dengan minggu pertama bulan Maret, IHK sudah menunjukkan inflasi yang berada pada kisaran 0,05 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"Kita melihat inflasi, tapi masih terjaga pada Minggu pertama di bulan Maret ini," kata Agus di kantornya, Jumat (4/3/2016).

BPS/BI/M Fajar Marta Perkembangan Inflasi dan BI Rate

Lebih lanjut, Agus menuturkan, dengan laju inflasi yang berada pada kisaran 0,05 persen di Minggu pertama bulan ini, maka secara tahunan (year on year/yoy), inflasi diperkirakan akan berada pada kisaran 4,3 pada 2016.

Namun demikian, ia menyatakan capaian inflasi tersebut masih sesuai dengan target  inflasi yang telah dipatok bank sentral untuk tahun 2016 ini.

"Itu masih sejalan dengan target inflasi kita di 4 plus minus 1 persen," terang Agus.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, penurunan suku bunga acuan (BI Rate) dan harga bahan bakar minyak (BBM) akan berdampak kepada laju inflasi di Maret 2016.

BI pada pertengahan Februari menurunkan BI Rate 25 basis poin menjadi 7 persen. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.