Transformasi Tempat Kerja Tingkatkan Produktivitas dan Daya Saing Bisnis

Kompas.com - 08/03/2016, 05:01 WIB
Ilustrasi Ponsel dan Laptop Yahoo TravelIlustrasi Ponsel dan Laptop
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Studi New World of Work oleh Microsoft menunjukkan Indonesia memiliki nilai tertinggi dalam hal karyawan yang bekerja secara mobile.

Tapi, hanya 29 persen karyawan di Indonesia yang merasa telah terfasilitasi oleh tempat kerja mereka untuk menghadapi tantangan dalam era gaya kerja baru (New World of Work).

Studi ini melibatkan entitas bisnis se-Asia Pasifik. Hasil studi secara umum  menunjukkan ekspektasi karyawan terhadap tempat kerja belum terpenuhi untuk hal produktivitas, kolaborasi dan inovasi. Padahal, dunia sudah memasuki era mobile first, cloud first.

Di Indonesia, studi tersebut melibatkan 200 responden yang memposisikan diri sebagai mobile worker.

Hasil studi tersebut juga mengungkapkan bahwa banyak karyawan yang merasa tidak mendapat dukungan untuk bekerja secara mobile dari sisi teknologi, kebijakan perusahaan maupun tempat kerja.

"Mereka tetap diharuskan hadir di kantor, mengakses informasi dan data penting melalui server internal perusahaan, serta tidak memiliki teknologi yang mendukung kerja kolaborasi jarak jauh," tulis laporan ini.

César Cernuda, President of Microsoft Asia Pacific, mengatakan bahwa teknologi berperan sebagai kunci utama yang memungkinkan karyawan untuk bekerja dari manapun serta meningkatkan produktivitas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Namun, terdapat aspek lain seperti budaya organisasi, kebijakan, infrastruktur, peluang kolaborasi atau kemampuan untuk menanggulangi hal-hal yang menghalangi inovasi, yang menjadi semakin penting bagi organisasi dalam usahanya untuk lebih kompetitif,” lanjut dia.

Menurut studi New World of Work ini, konsep tradisional tentang kerja telah mengalami perubahan, bahkan pada bisnis di Indonesia.

Perubahan itu ditunjukkan antara lain dengan semakin banyaknya karyawan yang menggunakan perangkat mereka sendiri (bring-your-own-device/BYOD)) untuk menyelesaikan pekerjaan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.