Kompas.com - 08/03/2016, 05:30 WIB
Ilustrasi aktivitas di bursa saham. KOMPAS/PRIYOMBODO PRIYOMBODOIlustrasi aktivitas di bursa saham. KOMPAS/PRIYOMBODO
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Tekanan pelemahan masih akan membayangi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini (8/3/2016).

Menurut analisis teknikal PT Daewoo Securities Indonesia, bearish signal pada titik 65.26 overbought trading, mengindikasikan tekanan pada pelemahan tersebut.

"Kami perkirakan IHSG akan mencoba bergerak dalam rentang 4.770-4.850," kata T. Heldy Arifien, Senior Technical Analyst Daewoo Securities.

Pada perdagangan Senin (7/3/2016) sebelumnya, upaya sejumlah saham dalam sektor pertambangan untuk berkontribusi terhadap penguatan IHSG gagal, akibat tekanan aksi jual serta ambil untung sejumlah saham.

Aksi jual menyeret IHSG masuki zona merah perdagangan dengan ditutup melemah 0,40 persen di 4.831.58.

Saham pertambangan antara lain saham PTBA, ITMG, INCO, dan ADRO. Sementara aksi ambil untung meliputi saham HMSP, TLKM, UNVR, BBCA, dan ASII.

Investor asing mencatatkan akumulasi pembelian bersih sebesar Rp 486.57 miliar pada seluruh papan perdagangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada perdagangan Senin lalu, IHSG mencoba melakukan penetrasi resistensi terdekatnya di 4.865.

Dari pasar global, perhatian para pelaku pasar tertuju pada data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) serta China yang akan dirilis pekan ini.  

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS mengalami apresiasi 0,36 persen serta bertengger pada level harga Rp 13.084,50.

Hal itu dipicu oleh harga acuan minyak dunia yang kembali menguat dan mendekati resistensi 38,2 dollar AS per barrel dan bercokol pada level 36,4 dollar AS per barrel atau mengantongi kenaikan +0,51 persen.


 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.