Jokowi: Jangan Sampai Ada Korban Lagi Masalah "Dwell Time"

Kompas.com - 10/03/2016, 13:11 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo kembali meminta waktu tunggu bongkar muat (dwell time) di Pelabuhan Tanjung Priok kembali diperbaiki.

Ia memasang target pada 1-2 bulan ini, waktu tunggu tersebut dapat mencapai tiga hari.

Jokowi menuturkan, dirinya telah menerima laporan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengenai waktu tunggu bongkar muat saat ini yang ada di kisaran 4,7 hari.

Ia ingin Indonesia mendekati waktu tunggu bongkar muat Singapura dan Malaysia yang hanya 1-2 hari.

"Jangan sampai ada korban lagi masalah dwell time. Saya engak main-main masalah ini," kata Jokowi, saat meresmikan Pusat Logistik Berikat di Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (10/3/2016).

Jokowi lalu mengungkit keputusannya mencopot Indroyono Soesilo yang gagal memperbaiki waktu bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok. Menurut Jokowi, Indroyono gagal memperbaiki waktu tunggu bongkar muat yang masih ada di kisaran 6-7 hari.

"Saya beri waktu 5 bulan, saya minta (dwell time) di bawah enam hari. Saya tunggu enam bulan, tidak berubah. Akhirnya ada menteri yang saya copot," ujarnya.

Menurut Jokowi, waktu tunggu bongkar muat sangat berpengaruh pada perekonomian nasional. Ia ingin situasi itu dipahami para menterinya dan Indonesia harus mampu menyaingi negara-negara maju lainnya.

"Kalau negara lain bisa, Indonesia harus bisa. Kita copy persis saja mereka pakai cara apa, kenapa kita tidak bisa melakukan," ucap Jokowi.

"Orang kita enggak kalah pintar. Saya ingin betul-betul mendekati angka yang saya targetkan. Harus didekati," sambung Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.