Iuran Naik, BPJS Kesehatan Tegaskan Ada Perubahan Pelayanan

Kompas.com - 14/03/2016, 12:13 WIB
Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Ungaran, Juliansyah memberikan penjelasan dalam konferensi   pers posko pemantauan dan penanganan pengaduan distribusi KIS-PBI (P3DKIS) di Ungaran, Rabu (3/2/2016). Kompas.com/ Syahrul MunirKepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Ungaran, Juliansyah memberikan penjelasan dalam konferensi pers posko pemantauan dan penanganan pengaduan distribusi KIS-PBI (P3DKIS) di Ungaran, Rabu (3/2/2016).
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016 menetapkan beberapa perubahan dalam pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, termasuk perubahan iuran untuk peserta mandiri.

Besaran peraturan dan iuran baru tersebut berlaku mulai 1 April 2016. (Baca: Iuran BPJS Kesehatan Naik per 1 April 2016, Ini Besarannya)

"Perubahan tidak hanya terjadi dalam iuran, tapi dalam banyak hal. Semuanya sudah ada di Perpres Nomor 19," kata Kepala Humas BPJS Kesehatan Irfan Humaidi kepada Kompas.com, Minggu (13/3/2016).

Dalam Perpres tersebut, tertuang perubahan pasal 21 tentang manfaat yang diperoleh bagi peserta BPJS Kesehatan.

Pertama, manfaat pelayanan promotif dan preventif yang terdiri dari penyuluhan kesehatan perorangan, imunisasi rutin, keluarga berencana (KB) dan screening kesehatan.

Kedua, penyuluhan kesehatan perorangan meliputi paling sedikit penyuluhan mengenai pengelolaan faktor risiko penyakit dan perilaku hidup bersih dan sehat.

Selain itu, juga ada pelayanan imunisasi rutin meliputi pemberian imunisasi rutin sesuai dengan perundang-undangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun terkait pelayanan KB,meliputi konseling, pelayanan kontrasepsi termasuk vasektomi dan tubektomi, yang bekerja sama dengan BKKBN.

Vaksin untuk imunisasi rutin dan kontrasepsi disediakan oleh pemerintah atau pemerintah daerah.

Sementara itu, pelayanan screening kesehatan diberikan secara selektif guna mendeteksi risiko penyakit dan mencegah dampak dari risiko penyakit tertentu.

Kompas TV Potret Layanan BPJS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.