Gaji Manajer 'Engineering' Chevron Rp 51,25 Juta, di Pertamina Rp 13,3 Juta per Bulan

Kompas.com - 18/03/2016, 14:15 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Situs pencari kerja, Jobplanet.com, menyebutkan industri migas masih menjadi gula-gula bagi pencari kerja.

Di tengah melemahnya harga minyak, perusahaan migas di Indonesia masih memberikan gaji yang lumayan besar. Untuk itu, situs tersebut melakukan survei terhadap 119 perusahaan migas.

Dari perusahaan-perusahaan yang disurvei, dua di antaranya adalah PT Pertamina (Persero) dan PT Chevron Pacific Indonesia.

Menurut Jobplanet.com, per akhir Februari 2016, gaji rata-rata staf engineering di Chevron adalah sebesar Rp 10,43 juta per bulan. Adapun di level yang sama, gaji rata-rata yang diberikan Pertamina Rp 6,88 juta per bulan.

Untuk level manajer engineering, Chevron memberikan gaji sebesar Rp 51,25 juta per bulan, sedangkan di Pertamina untuk level yang sama memperoleh Rp 13,35 juta per bulan.

Namun dalam rilis tersebut tidak disebutkan secara detail, apakah angka tersebut berupa gaji pokok ataukah take home pay.

"Meski menantang dan memiliki risiko keselamatan kerja di lapangan yang tinggi, industri ini dipandang sebagai ‘lahan basah’ yang memberikan gaji yang tinggi serta beragam fasilitas menarik bagi para pekerjanya," tulis Jobplanet.com, dalam keterangan resminya, Jumat (18/3/2016).

Akan tetapi, harga minyak dunia yang terus merosot sejak 2014 membuat limbung bisnis perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor migas.

Beberapa perusahaan migas dunia, termasuk yang beroperasi di Indonesia, bahkan telah mengumumkan untuk merumahkan ribuan karyawannya.

"Seiring dengan tren penurunan harga minyak dunia, kami menemukan bahwa tingkat kepuasan karyawan perusahaan migas secara keseluruhan juga terus menurun sejak kuartal III-2015 hingga kuartal I-2016," tulis Jobplanet.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.