Kompas.com - 18/03/2016, 14:34 WIB
Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo KOMPAS/HERU SRI KUMORO Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) telah memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 6,75 persen.

Bank sentral menyatakan, kebijakan ini diambil seiring dengan ruang pelonggaran kebijakan moneter yang masih terbuka lebar.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo menyatakan, bank sentral melihat perkembangan sistem keuangan dunia sudah lebih baik.

Hal ini terutama ketika bank sentral AS atau Federal Reserve menyatakan dalam pertemuan FOMC bahwa mereka kemungkinan hanya akan menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate hanya dua kali dalam setahun ini.

"Kelihatannya mereka tidak terlalu cepat ingin menaikkan suku bunga. Sistem keuangan dunia jauh lebih baik," kata Agus di Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Agus mengungkapkan, bank sentral juga memandang kondisi di dunia dan Indonesia sendiri sudah lebih baik.

Hal ini dapat dilihat dari capaian indikator ekonomi maupun inflasi di dalam negeri sudah lebih baik, sehingga ruang pelonggaran kebijakan moneter masih terbuka dan digunakan untuk menyesuaikan tingkat bunga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita berpendapat kalau kita melihat pelonggaran moneter yang berikutnya akan kita lakukan dengan sangat hati-hati," tegas Agus.

Kehati-hatian bank sentral ini, kata Agus, bukan tanpa alasan. Pasalnya, untuk mempertimbangkan bentuk perubahan kebijakan maupun pelonggaran kebijakan moneter harus memperhatikan kondisi perekonomian.

"Kami memperhatikan perkembangan makroekonomi, stabilitas dunia, dan domestik. Kita melihat peluang, tapi sangat hati-hati untuk mempelajari kemungkinan kalau ada pelonggaran lagi," terang Agus.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.