Kembali Tepis Isu Hengkang, Panasonic Utamakan Produk Berwawasan Lingkungan

Kompas.com - 21/03/2016, 14:02 WIB
Panasonic KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENAPanasonic
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Kembali menepis isu hengkang dari Indonesia, Panasonic melalui kemitraannya dengan kelompok usaha Gobel, mengutamakan produk berwawasan lingkungan sebagai bagian dari daya saing perusahaan tersebut di Indonesia. (Baca: Rachmat Gobel: Panasonic Tidak Akan Hengkang). "Komitmen Panasonic Gobel bagi negara dan bangsa ini tidak pernah berubah," kata Pemimpin Kelompok Usaha Panasonic Gobel, Rachmat Gobel, dalam siaran pers yang dikirimkan kemarin.

Menurut catatan kelompok usaha tersebut, tahun ini adalah usia 55 tahun kemitraan antara Panasonic Corporation asal Jepang dengan Kelompok Usaha Gobel dari Indonesia. Kemitraan itu, terang Rachmat, dipelopori oleh mendiang ayahnya, Thayeb Mohammad Gobel, dan mendiang Konosuke  Matsushita.

Di masa kini, imbuh Rachmat, perusahaan bernama Panasonic Gobel Group tersebut mengembangkan lebih luas produk berwawasan lingkungan melalui teknologi dan industri berwawasan lingkungan. Rachmat memberikan contoh, sejak 2015, perusahaan sudah memproduksi baterai tanpa zat merkuri dan timbal. Baterai tersebut berjenis AAA khusus untuk remote control untuk pasar Indonesia.

Menurut hitung-hitungan Panasonic Gobel Group, setiap tahunnya jumlah penggunaan baterai untuk remote control kian meningkat hingga tiga miliar unit. Salah satu pemicunya adalah permintaan  televisi yang juga melambung hingga 1,5 miliar unit secara global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.