Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Tepis Isu Hengkang, Panasonic Utamakan Produk Berwawasan Lingkungan

Kompas.com - 21/03/2016, 14:02 WIB

KOMPAS.com - Kembali menepis isu hengkang dari Indonesia, Panasonic melalui kemitraannya dengan kelompok usaha Gobel, mengutamakan produk berwawasan lingkungan sebagai bagian dari daya saing perusahaan tersebut di Indonesia. (Baca: Rachmat Gobel: Panasonic Tidak Akan Hengkang). "Komitmen Panasonic Gobel bagi negara dan bangsa ini tidak pernah berubah," kata Pemimpin Kelompok Usaha Panasonic Gobel, Rachmat Gobel, dalam siaran pers yang dikirimkan kemarin.

Menurut catatan kelompok usaha tersebut, tahun ini adalah usia 55 tahun kemitraan antara Panasonic Corporation asal Jepang dengan Kelompok Usaha Gobel dari Indonesia. Kemitraan itu, terang Rachmat, dipelopori oleh mendiang ayahnya, Thayeb Mohammad Gobel, dan mendiang Konosuke  Matsushita.

Di masa kini, imbuh Rachmat, perusahaan bernama Panasonic Gobel Group tersebut mengembangkan lebih luas produk berwawasan lingkungan melalui teknologi dan industri berwawasan lingkungan. Rachmat memberikan contoh, sejak 2015, perusahaan sudah memproduksi baterai tanpa zat merkuri dan timbal. Baterai tersebut berjenis AAA khusus untuk remote control untuk pasar Indonesia.

Menurut hitung-hitungan Panasonic Gobel Group, setiap tahunnya jumlah penggunaan baterai untuk remote control kian meningkat hingga tiga miliar unit. Salah satu pemicunya adalah permintaan  televisi yang juga melambung hingga 1,5 miliar unit secara global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com