Indonesia Jadi Negara Terbesar Kedua Tujuan Investasi China

Kompas.com - 21/03/2016, 18:15 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyatakan, Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara tujuan investasi China.

Tercatat nilai investasi China ke Indonesia hingga Februari 2016 mencapai 23,25 miliar dollar AS.

Mengutip data Financial Times, Franky menyebut investasi China ke luar negeri tersebut antara 2010 hingga 2015 mencapai 219,897 miliar dollar AS. Dengan demikian, 11 persen investasi China ditujukan ke Indonesia.

"Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara tujuan investasi dari China. Nomor 1 adalah Amerika Serikat, nomor 3 Rusia dan nomor 4 India," kata Franky dalam konferensi pers di kantornya, Senin (21/3/2016).

Lebih lanjut, Franky menyatakan, investasi China di Indonesia terus meningkat dalam kurun 2010 hingga 2016.

Adapun komitmen investasi terbesar China di Indonesia tercatat terjadi pada tahun 2015 lalu, yakni senilai 22,678 miliar dollar AS.

Sementara itu, pada periode Januari hingga Februari 2016, komitmen investasi China di Indonesia mencapai 3,202 miliar dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada bulan Januari hingga Maret 2016 lalu, BKPM melakukan kunjungan kerja ke tiga kota di China, yakni Beijing, Shanghai, dan Huzhou. Adapun minat investasi yang teridentifikasi mencapai sekitar 10,8 miliar dollar AS.

Franky merinci, di Shanghai, BKPM mengidentifikasi minat investasi berasal dari 6 perusahaan dengan nilai investasi kurang lebih 1,8 miliar dollar AS.

Adapun di Beijing, BKPM mengidentifikasi minat investasi berasal dari 8 perusahaan dengan nilai investasi kurang lebih 9 miliar dollar AS.

"Di Huzhou, jumlah perusahaan yang berminat mencapai 14 persen. Akan tetapi, nilai investasinya belum ada," jelas Franky. (Baca: Utang Indonesia ke China Semakin Melejit, Per Januari Sudah Naik 59 Persen)



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.