Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Berencana Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Angin 30,83 Gigawatt

Kompas.com - 22/03/2016, 07:46 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Bloomberg
KOMPAS.com - China berencana untuk menaikkan kapasitas listrik tenaga angin hingga 22 persen di 2016, sebagai upaya mendorong energi bersih, dengan kecepatan sama dengan tahun lalu.

Menurut National Energy Administration (NEA) pada websitenya di Senin, China berencana menambah kapasitas lsitrik tenaga angin sebesar 30,83 gigawatt pada tahun ini. Pada tahun lalu, negara ini menambah 33 gigawatt, atau tiga kali lipat keseluruhan kapasitas energi bersih di Perancis.

Para developer terburu-buru untuk menuntaskan proyek tersebut pada tahun lalu, sebelum tarif energi bersih turun dan level dukungan untuk tahun ini mepet untuk mendorong investasi.

"Target di 2016 sangat tinggi. Proyek baru akan dibangun di wilayah dengan kapasitas kecil, menawarkan profitabilitas yang baik ke developer," kata Shi Yan, analis UOB Kayhian Investment Co yang berbasis di Shanghai.

Provinsi sentral Henan akan mendapatkan pembangkit listrik tenaga angin terbanyak tahun ini, diikuti provinsi di timur, Shandong, menurut keterangan NEA.

Instalasi listrik tenaga angin di China bertumbuh dua kali lipat sejak 2012 menjadi 139 gigawatt, menurut kompilasi data Bloomberg. Pertumbuhan listrik energi angin membuat pemerintah harus membangun lebih banyak kincir angin penggerak turbin.

China berencana untuk membangun lebih banyak pembangkit listrik tenaga angin di privinsi-provinsi yang berangin dekat Mongolia, Jilin, Heilongjiang, Gansu, Ningxia dan Xinjiang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com