China Berencana Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Angin 30,83 Gigawatt

Kompas.com - 22/03/2016, 07:46 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika
KOMPAS.com - China berencana untuk menaikkan kapasitas listrik tenaga angin hingga 22 persen di 2016, sebagai upaya mendorong energi bersih, dengan kecepatan sama dengan tahun lalu.

Menurut National Energy Administration (NEA) pada websitenya di Senin, China berencana menambah kapasitas lsitrik tenaga angin sebesar 30,83 gigawatt pada tahun ini. Pada tahun lalu, negara ini menambah 33 gigawatt, atau tiga kali lipat keseluruhan kapasitas energi bersih di Perancis.

Para developer terburu-buru untuk menuntaskan proyek tersebut pada tahun lalu, sebelum tarif energi bersih turun dan level dukungan untuk tahun ini mepet untuk mendorong investasi.

"Target di 2016 sangat tinggi. Proyek baru akan dibangun di wilayah dengan kapasitas kecil, menawarkan profitabilitas yang baik ke developer," kata Shi Yan, analis UOB Kayhian Investment Co yang berbasis di Shanghai.

Provinsi sentral Henan akan mendapatkan pembangkit listrik tenaga angin terbanyak tahun ini, diikuti provinsi di timur, Shandong, menurut keterangan NEA.

Instalasi listrik tenaga angin di China bertumbuh dua kali lipat sejak 2012 menjadi 139 gigawatt, menurut kompilasi data Bloomberg. Pertumbuhan listrik energi angin membuat pemerintah harus membangun lebih banyak kincir angin penggerak turbin.

China berencana untuk membangun lebih banyak pembangkit listrik tenaga angin di privinsi-provinsi yang berangin dekat Mongolia, Jilin, Heilongjiang, Gansu, Ningxia dan Xinjiang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.