Kembangkan Bandara Silangit, AP II Siapkan Rp 135 Miliar

Kompas.com - 22/03/2016, 13:53 WIB
Bandara Silangit, Sumatera Utara Bambang Jatmiko/Kompas.comBandara Silangit, Sumatera Utara
EditorBambang Priyo Jatmiko
TAPANULI UTARA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (AP II) menyiapkan anggaran sebesar Rp 135 miliar untuk pengembangan Bandara Silangit.

Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi menuturkan dana tersebut akan dialokasikan untuk pengembangan landasan pacu serta terminal penumpang. Pengembangan akan dilakukan mulai tahun ini.

"Pada tahun ini semua pengembangan dimulai, dari penambahan lebar landasan pacu dari 30 meter menjadi 45 meter, serta penambahan panjang landasan menjadi 2.650 meter dari saat ini 2.400 meter," ujarnya di sela-sela penerbangan langsung perdana dari Bandara Soekarno-Hatta ke Silangit, Selasa (22/3/2016).

Selain itu, perseroan juga akan melakukan pemagaran di sekeliling bandara. Diharapkan dengan pengembangan bandara ini, industri pariwisata di kawasan Danau Toba akan berkembang.

Hingga saat ini bari Garuda Indonesia yang melayani penerbangan langsung dari Jakarta ke Bandara Silangit. Di luar itu, bandara ini juga melayani rute lainnya seperti Silangit ke Meda, Nias, serta Batam. 

Sementara itu, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan berharap pengembangan bandara ini akan diikuti oleh bertambahnya frekwensi penerbangan, utamanya dari Jakarta.

"Kami siap menyambut wisatawan yang datang untuk berkunjung ke Danau Toba. Semoga segera ada tambahan penerbangan ke Silangit," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.