Regulasi Transportasi Online Dinanti, Komisi V Siap Revisi UU Angkutan Jalan

Kompas.com - 23/03/2016, 07:35 WIB
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Fary J Francis menyampaikan pihaknya sangat terbuka untuk bersama-sama pemerintah merevisi payung hukum angkutan jalan, yakni Undang-undang Nomor 22 tahun 2009.

Hal tersebut ia sampaikan karena banyaknya masukan dari asking pihak yang menghendaki regulasi terkait transportasi berbasis aplikasi.

Fary melihat pemerintah lamban dalam menjawab tantangan perkembangan transportasi berbasis aplikasi, sehingga menimbulkan konflik horizontal di tengah masyarakat.

Atas dasar itu, dia mendesak pemerintah untuk menciptakan industri jasa transportasi umum yang selalu memprioritaskan keselamatan, keamanan, kenyamanan serta memenuhi standar pelayanan dan mendorong persaingan yang sehat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

"Berkaitan dengan sejumlah pihak yang menghendaki payung hukum regulasi untuk menyelesaikan permasalahan angkutan umum berbasis teknologi aplikasi, Komisi V siap menyambut usulan dari pemerintah jika hendak melakukan revisi terhadap UU nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan," kata dia melalui keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Fary menambahkan, terhadap seluruh penyedia jasa transportasi termasuk transportasi online agar mematuhi ketentuan peraturan yang khusus mengatur soal transportasi umum.

(Baca: Cari Jalan Keluar Angkutan Berbasis "Online", Menkominfo Ajak Jonan Duduk Bareng)

Kompas TV Angkutan Online, Akan Dilarang Atau Aturan Diubah? (Bag 1)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.