Kompas.com - 23/03/2016, 12:07 WIB
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad KOMPAS.com/Sabrina AsrilKetua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperluas kerja sama internasional dengan menyepakati nota kesepahaman dengan Bank Sentral Timor Leste Banco Central de Timor-Leste (BCTL).

Kerja sama ini mencakup pertukaran informasi dan peningkatan kapasitas pengawasan di bidang sektor jasa keuangan, pengawasan operasional lintas batas, serta pengembangan inklusi keuangan.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad dan Gubernur BCTL Abraão de Vasconselos di Dili, Timor Leste, Selasa (22/3/2016).

Dalam sambutannya, Muliaman mengatakan, kerja sama ini, selain untuk meningkatkan pengawasan operasional lintas batas, juga untuk membuka jalan bagi industri jasa keuangan Indonesia mengembangkan bisnisnya di Timor Leste.

"Potensi bisnis di Timor Leste sangat besar karena Indonesia adalah mitra dagang paling besar. Jadi, kita harapkan, akan banyak industri keuangan kita masuk ke Timor Leste," kata Muliaman dalam keterangan resmi, Rabu (23/3/2016).

Menurut Muliaman, BRI akan masuk ke Timor Leste pada kuartal kedua 2016, diikuti dengan Bank Mandiri dan Asuransi Sinar Mas yang sudah beroperasi di Timor Leste.  

Sementara itu, Gubernur BCTL Abraão de Vasconselos mengatakan, kerja sama dengan OJK akan sangat menguntungkan karena bisa mendukung kemajuan perekonomian negara tersebut, yang perdagangannya bergantung pada Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Selain pengawasan sektor jasa keuangan lintas batas. Kerja sama di bidang inklusi keuangan bisa membantu kita meningkatkan perekonomian dan mengurangi kemiskinan," kata Abraão.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.