Kompas.com - 23/03/2016, 21:33 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penerbangan Lion Air angkat bicara soal gangguan laser terhadap para pilot yang saat ini marak terjadi.

Public Relations Manager Lion Air Group Andy Saladin mengungkapkan, ada beberapa laporan bahwa pilot Lion Air diganggu sinar laser saat lepas landas (take off) dan juga pendaratan (landing).

"Kami melihat maraknya penjualan laser yang dijual bebas dan dapat mengancam keselamatan penumpang, ujar Andy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Berdasarkan laporan dari Pilot, sinar laser yang ditembakan ke ruang Cockpit atau bagian ruang kemudi pada pesawat terbang, memiliki bias yang dapat mengganggu penglihatan dan pandangan penerbang.

Sinar tersebut sangat mengganggu penglihatan bahkan menjadi penghalang bagi para penerbang.

Menurut Andy, sinar laser bisa menyebabkan penerbang hilang konsentrasi, gangguan penglihatan, hingga kebutaan sementara.

Oleh karena itu, Lion Air menghimbau bagi masyarakat untuk menggunakan Laser tersebut dengan bijak. Salah satunya yakni tidak diarahkan ke pesawat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.