Sudirman Said Dukung Keputusan Jokowi Kembangkan Blok Masela di Darat

Kompas.com - 24/03/2016, 15:47 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengakui pengembangan lapangan gas abadi Masela secar onshore lebih memihak kepentingan publik.

"Jadi yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat itulah yang mesti diputuskan. Kita percaya kepada kebijakan bapak Presiden," kata Sudirman di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Mantan Direktur Utama PT Pindad (Persero) itu menegaskan bahwa dirinya tidak pernah memaksakan pengembangan Masela dilakukan di tengah laut atau off-shore.

"Sejak saya berikan penjelasan kepada bapak Presiden, saya tidak pernah mengatakan bertahan on-shore atau off-shore. Karena saya netral," ucap dia.

Dirinya percaya apa yang diputuskan Jokowi pastilah keputusan yang terbaik. Kepercayaan itulah yang membuatnya selama ini enggan meladeni polemik yang berkembang di publik.

"Karena Presiden pasti putuskan yang terbaik, makanya saya tidak pernah menanggapi polemik apapun. Soal kalah-menang, ini kan bukan pertandingan sepak bola. Ini public policy, keputusan publik," pungkas Sudirman.

Sebelumnya, Kementerian ESDM melalui SKK Migas sangat optimistis pengembangan Masela dilakukan secara off-shore akan lebih menguntungkan bagi investor dan masyarakat. Bahkan nilai investasi yang dikeluarkan lebih rendah dari on-shore.

Pengembangan secara off-shore diyakini tidak akan membebani APBN dalam pengembalian investasi melalui skema cost recovery.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.