Laba Perusahaan Minyak Terbesar China Anjlok 70 Persen

Kompas.com - 25/03/2016, 08:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAprillia Ika

BEIJING, KOMPAS.com - Perusahaan penghasil minyak dan gas terbesar China, PetroChina mengumumkan penurunan laba sepanjang tahun 2015 anjlok hingga 70 persen. Capaian ini sejalan dengan prediksi yang telah dipublikasikan PetroChina sebelumnya.

Sama seperti perusahaan minyak lain di dunia, laba PetroChina terdampak jatuhnya harga minyak dunia dalam setahun belakangan.

Pihak PetroChina menyebut, laba bersih perseroan mencapai 35,51 miliar yuan atau 5,46 miliar dollar AS, dibandingkan 107,71 miliar yuan pada tahun sebelumnya.

PetroChina merupakan salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia. Berpusat di ibukota Beijing, PetroChina merupakan anak usaha badan milik negara China National Petroleum Corporation (CNPC).

Pada awal tahun 2015 lalu, PetroChina telah memperkirakan laba bersih akan anjlok pada kisaran 70 persen. Pasalnya, harga minyak dunia terus merosot dan belum menunjukkan perbaikan secara signifikan.

"Pada tahun 2015, pemulihan ekonomi global masih melambat, tekanan terhadap ekonomi China terus intens, pasokan pasar minyak dan gas secara umum cukup dan harga minyak internasional jatuh ke tingkat yang rendah," papar pihak PetroChina, Kamis (24/3/2016).

Meskipun demikian, meski kondisi ekonomi domestik dan internasional masih melambat, namun produksi dan operasional PetroChina dinyatakan masih stabil dan terkendali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aktivitas PetroChina antara lain termasuk eksplorasi, pengembangan, dan produksi minyak mentah dan gas alam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BBC
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.