Produsen "Gadget" Ternama AS Akan Investasi 18 Juta Dollar, Apple Kah?

Kompas.com - 27/03/2016, 16:01 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorIcha Rastika

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu produsen gadget ternama Amerika Serikat (AS) sedang mematangkan rencana investasi di Indonesia.

Menurut Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani, pihaknya sudah didatangi tim yang dipimpin salah satu direktur dari perusahaan gadget tersebut.

"Tim itu untuk mematangkan rencana investasi fasilitas Research and Development senilai 18 juta dollar AS," ujar Franky dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jakarta, Minggu (27/8/2016).

Akhir tahun lalu, santer terdengar bahwa perusahaan teknologi asal AS, yakni Apple Inc berencana investasi di Indonesia. 

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bahkan sudah bertemu dengan pimpinan perusahaan tersebut.

Namun, BKPM masih menyimpan rapat-rapat identitas perusahaan gadget ternama AS yang akan berinvestasi di Indonesia itu.

Menurut Franky, tim dari AS itu sudah menyampaikan akan segera mengajukan izin prinsip ke BKPM untuk merealisasikan rencana investasi itu.

Dalam waktu dekat, tim tersebut akan melakukan pertemuan dengan Menteri Komunikasi dan Informatika untuk membicarakan rencana penyiapan pembangunan sarana tempat pelatihan dan pengadaan fasilitas pelatihan SDM Indonesia.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, Azhar Lubis mengatakan, proyek pertama direncanakan dilakukan di Jawa Barat.

Proyek itu akan bekerjasama dengan salah satu universitas ternama di Indonesia. Dari data BKPM pada tahun 2015, nilai realisasi investasi AS mencapai 893 juta dollar AS terdiri dari 261 proyek dengan didominasi oleh sektor-sektor pertambangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.