Iran Cari Pendanaan Rp 32,8 Triliun untuk Modernisasi Tanker Minyak

Kompas.com - 03/04/2016, 14:18 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Iran sedang mencari pendanaan sebesar 2,5 miliar dollar AS atau setara Rp 32,8 triliun (kurs Rp 13.147,50 per dollar AS) untuk memodernisasi tanker minyaknya. Hal itu disampaikan oleh direktur National Iranian Tanker Company (NITC), mengutip kantor berita IRNA.

Iran baru saja melalui saksi perdagangan minyak oleh negara Barat akibat ambisis Teheran untuk senjata nuklir.

Pada bulan lalu, laporan Reuters mengatakan bahwa ada dua perusahaan China yang mencoba menggarap proyek ini, yakni dengan memodernisasi kapal tanker dan membangun kereta cepat.

"Untuk membangun tanker minyak, sebanyak 2,5 miliar dollar AS akan diinvestasikan untuk itu," kata Ali Akbar Safaei, managing director National Iranian Tanker Company (NITC).

NITC saat ini memiliki 70 tanker tapi kebanyakan sudah berumur dan memerlukan asuransi baru, pengetesan, inspeksi dan sertifikasi, atau klasifikasi kapal. Hal itu perlu dilakukan agar tanker ini bisa melalui perairan internasional.

Safaei mengatakan NITC merupakan perusahaan Iran pertama yang menyewakan kapalnya ke pihak asing setelah sanksi dibuka.

Kompas TV Indonesia Didorong Damaikan Arab Saudi-Iran
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.