Jokowi Minta "Indomaret" atau "Alfamart" Super Dibangun untuk Logistik

Kompas.com - 04/04/2016, 21:46 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Jokowi sudah meminta jajaran di bawahnya membangun Pusat Logistik Berikat (PLB) disejumlah wilayah di Indonesia.

Menurut Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi, nantinya PLB akan dioperasikan tak kenal waktu layaknya mini market yang bisa buka 24 jam dalam sehari.

"Kami akan menjadikan PLB itu layanan seperti Indomaret dan Alfamaret. (Buka) 7x24 jam (seminggu) karena logistik enggak kenal jam kerja," kata Heru di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Selasa (4/4/2015).

Dia menuturkan, Presiden Jokowi sudah sangat serius meminta PLB dibangun di Indonesia. Perintah itu disampikan Presiden Jokowi saat kunjungan ke pusat logistik di Dubai, Uni Emirat Arab.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, PLB sangat penting untuk Indonesia. Sebab, bisa membuat biaya logistik turun.

Dengan adanya PLB, dia yakin daya saing Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara lain akan meningkat.

Menurut Franky, kehadiran PLB akan menarik gudang-gudang logistik di Singapura dan Malaysia ke Indonesia.

Dengan begitu, bahan baku untuk kepentingan industri nasional tak harus susah-susah didatangkan dari luar negeri. Pandangan Franky itu diamini oleh Heru.

Bahkan, Bea Cukai yakin dengan tersedianya bahan baku logistik di Indonesia, waktu inap barang di pelabuhan atau dwell time bisa turun secara tidak langsung.

Saat ini terdapat 11 perusahaan yang mendaftarkan diri membangun Pusat Logistik Berikat di dekat sentra industri.

Nantinya PLB itu bisa menyimpan bahan baku kebutuhan industri misalnya kapas, spare part otomotif, peralatan migas, bahan baku industri kecil dan menengah (IKM) dan bahan kimia (chemical).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.