Kompas.com - 06/04/2016, 13:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Meskipun kegiatan bisnis tampaknya masih lesu di tahun 2016, namun investor asal China tetap menggenjot ekspansinya di luar negeri.

Bahkan, aksi merger dan akuisisi (M&A) oleh investor China terhadap perusahaan Amerika Serikat semakin gencar.

Menurut Andrew Birstingl dari FactSet, jumlah perusahaan China yang mengambil alih perusahaan AS kian meroket.

Perusahaan China yang menggandeng perusahaan yang berpusat di AS bukan tren yang baru di dunia M&A, tapi tampaknya terus berkembang.

"Dalam tiga bulan pertama tahun 2016, ada 17 transaksi diumumkan terkait perusahaan China membeli targetnya di AS," ujar Bristingl seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (6/4/2016).

Artinya, lanjut Bristingl, jumlah transaksi yang cukup besar hanya dalam kurun tiga bulan ini merupakan sebuah rekor.

Selain itu, nilai persetujuan M&A dalam tiga bulan tersebut sudah sama dengan total nilai transaksi sepanjang tahun 2015.

Sejauh ini, jumlah nilai transaksi sebesar 28,8 miliar dollar AS telah diumumkan hingga Maret 2016.

Sementara itu, jumlah nilai transaksi sepanjang tahun 2015 hanya mencapai 5,7 miliar dollar AS.

Birstingl menjelaskan, sebagian besar fokus bisnis pada aksi korporasi tersebut terjadi di industri semikonduktor.

Industri ini menghasilkan produk-produk bagian dari ponsel dan teknologi lainnya. Perusahaan China tak hanya membidik perusahaan AS, namun berbagai investasi non China lainnya.

Bristingl menjelaskan, 2015 merupakan periode terbesar kegiatan akuisisi oleh perusahaan China, dengan jumlah nilai transaksi mencapai 105,8 miliar dollar AS dari 364 transaksi.

"Dalam tiga bulan pertama 2016, perjanjian lintas batas dengan perusahaan China mencapai 80 transaksi dan mencapai 80 miliar dollar AS dalam segi total nilai transaksi," jelas Bristingl.

Kompas TV Pasar Saham di China Anjlok
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.