IHSG Diprediksi Tergelincir Harga Minyak Dunia yang Fluktuatif

Kompas.com - 07/04/2016, 08:32 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Berfluktuasinya harga minyak dengan kecenderungan menurun, menjadi salah satu sentimen negatif pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini.

"IHSG berusaha menggapai resistance 4.909, perjalanan ini nampak cukup berat di tengah fluktuasi harga komoditas minyak yang memiliki kecenderungan menurun," papar Analis Asjaya Indosurya Securities, William Surya Wijaya dalam risetnya, Kamis (7/4/2016).

Berdasarkan data yang dilansir dari Monex Investindo Futures, harga minyak mentah berakhir naik tajam pada hari Rabu setelah lembaga pemerintah AS mengumumkan terjadinya penurunan suplai.

Suplai minyak mentah AS berkurang 4,9 juta barel pada pekan lalu setelah perusahaan pengilangan minyak terus membatasi produksi dan impor menurun, menurut laporan Biro Informasi Energi AS (EIA).

Analis yang disurvei Reuters memprediksi suplai akan kembali mencetak rekor tinggi baru. Namun, EIA juga melaporkan adanya kenaikan suplai bensin untuk pertama kalinya dalam 6 pekan.

Meski demikian, William optimis IHSG masih mampu melaju di zona hijaunya berkat data yang dirilis pemerintah hari ini.

"Rilis data perekonomian CADEV hari ini yang diperkirakan stabil akan menjadi salah satu sentimen positif yang akan kembali mendorong kenaikan IHSG, hari ini IHSG berpotensi menguat," imbuhnya.

Adapun beberapa rekomendasi saham yang bisa dijadikan pilihan pada perdagangan hari ini antara lain, saham BBNI, JSMR, TLKM, AALI, BWPT, WIKA, SMCB, PWON, ASRI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.