Laba Samsung Naik, Sinyal Harapan Bagi Industri Smartphone

Kompas.com - 07/04/2016, 10:36 WIB
|
EditorAprillia Ika

SEOUL, KOMPAS.com - Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung Electronics Co Ltd menyatakan, laba operasional pada kuartal I 2016 diprediksi naik 10,4 persen dibandingkan tahun lalu.

Penyataan ini melawan ekspektasi dan didorong kuatnya penjualan smartphone baru Galaxy S7.

Outlook ini pun memberikan sinyal harapan bagi bisnis mobile Samsung yang kini tengah berjuang untuk kembali membukukan laba tahunan pertama dalam tiga tahun.

Penguatan ini didorong produk premium baru dan perbaikan perangkat kelas menengah ke bawah.

Mengutip Channel News Asia, Kamis (7/4/2016), Samsung menyatakan laba operasional pada kuartal I 2016 kemungkinan mencapai 6,6 triliun won atau 5,72 miliar dollar AS.

Capaian ini di atas prediksi analis yang diproyeksikan 5,6 triliun won. Meskipun demikian, pihak Samsung tidak akan mengumumkan rincian kinerja keuangan perusahaan hingga akhir April.

Samsung pun tidak memberikan komentar apapun terkait kinerja seluruh divisi. Banyak analis telah menaikkan proyeksi kinerja keuangan Samsung sejak akhir Maret lalu.

Revisi ini didasarkan pada laporan penjualan model Galaxy S7 yang lebih baik dari prediksi, menampilkan fitur kamera yang lebih baik, tahan air, dan dukungan penyimpanan data menggunakan microSD.

Samsung pun mengharapkan pendapatan pada kuartal I 2016 ini tumbuh 4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi 49 triliun won.

Kompas TV Bahtera Tanpa Kepastian Bernama Digital- Satu Meja
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.