Sepekan Sekali ada Festival di Banyuwangi, Rizal Ramli Senang

Kompas.com - 09/04/2016, 13:52 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli merasa senang dengan inovasi yang dikembangkan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Salah satunya karena ada 53 festival dalam setahun, atau rata-rata sepekan sekali digelar satu festival di Banyuwangi.

"Saya kagum ada 53 kali festival dalam satu tahun. Lama-lama warga Jakarta yang stress, mau pindah ke sini semua, tiap minggu ada festival. Di Jakarta, udah macet, banyak masalah, stres," kata Rizal.

Catatan Badan Pusat Statistik (BPS), pendapatan per kapita dalam lima tahun naik dari Rp 14,7 juta menjadi Rp 33,6 juta. Di sisi lain, angka kemiskinan turun dari 30 persen menjadi 9,24 persen.

"Jadi, bupati dan gubernur di tempat lain harus belajar mengurangi kemiskinan, datang ke Banyuwangi, tour khusus Bupati," kata dia.

Anas dalam kesempatan sama menyampaikan, inovasi dalam mendorong masyarakat dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dilakukan. Tahun ini saja ada 53 festival, mulai dari pertanian, kuliner hingga art work.

Salah satu festival Kuliner yang digelar tahun ini adalah Festival Kuliner Sego Cawuk 2016. Pada kesempatan sama juga digelar Agro Expo yang menampilkan varietas lokal unggulan dari pertanian horticulture (agro).

Di bidang art work atau kesenian, tahun ini akan ada 5 agenda festival jazz, salah satunya adalah Student Jazz. Anas mengatakan, atas prakarsa banyaknya festival itulah, pada tahun ini Banyuwangi mendapatkan penghargaan dari WTO terkait pariwisata.

"Yaitu penghargaan inovasi kebijakan publik di sektor pariwisata, mengalahkan Puerto Rico dan Brazil dan Kenya. Dan atas penghargaan kami kemarin mendapatkan Rp 10 miliar untuk branding daerah," terang Anas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.