Belum Penuhi SNI, Puluhan "Sparepart" Impor di Bangka Belitung Disita Polisi

Kompas.com - 11/04/2016, 23:33 WIB
|
EditorAprillia Ika

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Puluhan spareparts kendaraan bermotor impor yang tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) disita tim Reserse Kriminal Khusus Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Penyitaan dilakukan saat operasi razia di sejumlah toko di Kelurahan Kampung Dul, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (11/4/2016).

Barang bukti yang disita seperti, shock absorber, karburator, gear set, lampu, brake, busi, rantai, piston, filter dan aki motor. Barang-barang ini umumnya dipasok dari China dan Taiwan.

"Kami telah melakukan peringatan tapi tak diindahkan. Barang barang impor yang tidak sesuai SNI ini terpaksa kami bawa sebagai barang bukti," kata Kasubdit I Reserse Kriminal Khusus, Polda Bangka Belitung, AKBP Ruly Tirta Lesmana, usai operasi penindakan, Senin (11/4/2016).

Ketentuan SNI yang tidak dilengkapi onderdil otomotif ini seperti tidak menggunakan label berbahasa Indonesia dan tidak memiliki panduan penggunaan serta garansi.

Menurut Ruly Tirta Lesmana, pemilik toko telah melanggar Permendagri Nomor 73/2015 tentang pencantuman label, UU Nomor 7/2014 dan UU Nomor 8/1999 tentang perlindungan konsumen.

"Razia akan terus kami lakukan, karena banyak laporan yang masuk terkait barang tidak sesuai SNI. Bahkan tidak hanya peralatan otomotif ini, tapi ada juga bahan bangunan seperti besi yang tidak sesuai SNI," ujarnya.

Pemilik toko dalam waktu dekat akan dipanggil ke kantor polisi untuk dimintai keterangan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.