Bappenas: Infrastruktur Masih Jadi Fokus Pembangunan di Tahun Depan

Kompas.com - 13/04/2016, 12:53 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional(Bappenas)/Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) menyatakan di tahun depan pembangunan Indonesia masih fokus pada tiga tema besar.

Yakni, pembangunan infrastruktur, perluasan kesempatan kerja, pengurangan tingkat kemiskinan dan kesenjangan antar-wilayah.

"Pagu anggaran masih kami bicarakan dengan Menteri Keuangan. Saya kira itu mungkin anggaran pembangunan atau non-operasional sekitar Rp 700 triliun," kata Menteri PPN Sofyan Djalil, usai membuka Rapat Kerja Pemerintah (RKP) 2017, Rabu (13/4/2016).

Dia mengatakan, program prioritas yang diajukan untuk tahun anggaran 2017 masih terlalu banyak. Totalnya ada Rp 941 triliun.

Bappenas akan mempertajam program mana yang paling prioritas. "Kalau prioritas pertama, kami jamin ada pembiayaan," kata Sofyan.

Penjaminan pembiayaan pada program prioritas tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahwa harus ada perbaikan mekanisme perencanaan dan eksekusi program.

Artinya, kebijakan anggaran yang selama ini mengacu konsep money follow functions harus diubah menjadi konsep money follow program.

Dengan demikian, program harus direncanakan bedasarkan tema pembangunan yang disepakati bersama, bukan berdasarkan kepentingan sektoral atau Kementerian/Lembaga.

Kompas TV Bunga Murah Jadi Program Pemerintah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.