Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Dukung Penuh Pembangunan 10 Pabrik Gula untuk Kurangi Impor

Kompas.com - 19/04/2016, 15:31 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Produksi gula lokal dinilai belum mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, sehingga pemerintah harus mengimpor gula dari beberapa negara seperti Thailand, Australia, dan Singapura.

Menyikapi hal ini, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyebut pemerintah mendukung sepenuhnya rencana pembangunan 10 pabrik gula baru, serta pengembangan pabrik gula tua.

"Rencana mengembangkan pabrik gula 10 unit di seluruh Indonesia. Rencana di Sulawesi Tenggara, daerah Kalimantan kalau ada yang cocok iklimnya, kemudian eksisting yang ada," papar Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa (19/4/2016).

Sampai saat ini, pembangunan pabrik gula baru yang baru dimulai berada di daerah Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Lahan seluas 15.000 hektar akan mendukung pabrik gula baru di wilayah Indonesia tengah.

Dengan upaya pembangunan pabrik serta pembukaan lahan baru tersebut diharapkan mampu mengurangi impor gula.

"Sekarang sudah ada Dompu, sebentar lagi mungkin sudah giling 6.000 hektar. Akan mengembangkan sampai 10.000 sampai 15.000 hektar," ujar Amran.

Amran menjelaskan pemerintah tidak memiliki dana besar untuk membangun pabrik gula baru, sehingga perlu untuk mengundang investor membangun pabrik gula nasional.

Untuk membangun 1 pabrik gula baru, setidaknya memerlukan investasi Rp 5 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com