Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI Gandeng Kementerian Desa untuk Layanan Perbankan

Kompas.com - 19/04/2016, 18:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT). Pada kerja sama ini BNI menyediakan penggunaan jasa layanan perbankan serta kesepakatan dukungan bina lingkungan.

Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto menjelaskan, kerja sama kedua belah pihak sebenarnya sudah terjalin sejak 2001 silam. Dengan kerja sama ini, perseroan ingin berperan aktif dalam peningkatan pemberdayaan ekonomi kerakyatan. "Kami juga ingin berperan dan bagaimana memberi kontribusi terhadap pembentukan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa)," jelas Suprajarto di kantornya, Selasa (19/4/2016).

Suprajarto menuturkan, selama ini pihak BNI yang ada di berbagai daerah sudah berusaha untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah dan desa untuk pengembangan BUMDes. Namun, berbagai kendala muncul dan tidak bisa terelakkan. "Memang belum secepat yang kami harapkan. Kendalanya belum ada pandangan yang sama antara kepala daerah, kepala desa, sampai ke perangkat desa," jelas Suprajarto.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Anwar Sanusi menjelaskan, BNI dipandang sebagai mitra yang tepat dalam pengembangan desa. Anwar menyebut, hal ini sejalan dengan butir Nawacita. "BNI mitra yang tepat dalam melaksanakan Nawacita ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran," terang Anwar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com