BNI Gandeng Kementerian Desa untuk Layanan Perbankan

Kompas.com - 19/04/2016, 18:34 WIB
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT). Pada kerja sama ini BNI menyediakan penggunaan jasa layanan perbankan serta kesepakatan dukungan bina lingkungan.

Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto menjelaskan, kerja sama kedua belah pihak sebenarnya sudah terjalin sejak 2001 silam. Dengan kerja sama ini, perseroan ingin berperan aktif dalam peningkatan pemberdayaan ekonomi kerakyatan. "Kami juga ingin berperan dan bagaimana memberi kontribusi terhadap pembentukan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa)," jelas Suprajarto di kantornya, Selasa (19/4/2016).

Suprajarto menuturkan, selama ini pihak BNI yang ada di berbagai daerah sudah berusaha untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah dan desa untuk pengembangan BUMDes. Namun, berbagai kendala muncul dan tidak bisa terelakkan. "Memang belum secepat yang kami harapkan. Kendalanya belum ada pandangan yang sama antara kepala daerah, kepala desa, sampai ke perangkat desa," jelas Suprajarto.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Anwar Sanusi menjelaskan, BNI dipandang sebagai mitra yang tepat dalam pengembangan desa. Anwar menyebut, hal ini sejalan dengan butir Nawacita. "BNI mitra yang tepat dalam melaksanakan Nawacita ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran," terang Anwar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.