Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wujudkan Kedaulatan Pangan, Kementan Siapkan Strategi Ini

Kompas.com - 20/04/2016, 20:00 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian terus menyiapkan strategi untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

"Pertama, harus mampu mewujudkan ketahanan pangan. Dalam arti mampu mencukupi pangan dari produk dalam negeri," ujar Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementan (BPPSDMP) Momon Rusmono di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang, Yogyakarta, Rabu (20/4/2016).

Menurut Momon,ada beberapa sasaran kedaulatan pangan. Pertama yakni peningkatan ketersediaan pangan, utamanya padi, jagung, kedelai, daging.

Selanjutnya adalah pendidikan. Saat ini, sudah ada enam STPP yang tersebar, seperti di Yogyakarta, Magelang (STPP Peternakan), Bogor, Manokwari, Ciawi, dan Lawang.

"Peserta didik tidak hanya PNS. STPP seluruh Indonesia menerima non aparatur, aparatur, dan penyuluh swadaya," imbuhnya.

STTP merupakan lembaga pendidikan kedinasan yang diselenggarakan oleh lembaga terkait yang bernaung di bawah Kementerian Pertanian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com