Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menu Sarapan Bikin Laba McDonald's Menjulang

Kompas.com - 23/04/2016, 13:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber BBC.com

NEW YORK, KOMPAS.com - Laba jaringan restoran cepat saji McDonald's meningkat tajam sebesar 35 persen pada kuartal I 2016. Peningkatan laba didorong oleh populernya menu sarapan pagi McDonald's dan penawaran potongan harga di AS.

Jaringan restoran cepat saji terbesar di dunia ini melaporkan laba bersih mencapai 1,1 miliar dollar AS. Pada periode yang sama tahun lalu, laba McDonald's mencapai 811,5 juta dollar AS.

McDonald's pun membukukan pertumbuhan penjualan pada kuartal I 2016. Di luar dugaan, penjualan di pasar AS tumbuh 5,4 persen dan penjualan global tumbuh 6,2 persen.

Adapun penjualan di Inggris dan Australia tumbuh 5,2 persen. Akan tetapi, pendapatan McDonald's malah mengalami penurunan sebesar 1 persen menjadi 5,9 miliar dollar AS.

Meskipun di luar dugaan, namun capaian penurunan pendapatan ini merupakan yang terendah dalam 7 kuartal.

Selain itu, beban operasional McDonald's merosot hampir 10 persen. Ini lantaran beberapa langkah efisiensi yang dilakukan McDonald's, seperti penutupan gerai yang tidak menguntungkan, penjualan beberapa restoran ke operator independen, dan memangkas belanja perusahaan.

McDonald's pada bulan Oktober 2015 lalu mulai menjual menu sarapan pagi di atas pukul 10.30 di AS. Langkah ini tentu janggal karena waktu tersebut sudah mendekati siang hari, namun hal ini ternyata merupakan permintaan konsumen sendiri.

"Konsumen di AS memperhatikan perbedaan. McDonald's akan terus menjalankan rencana ini setidaknya selama dua kuartal sebelum berpidah ke strategi jangka panjang," ungkap CEO McDonald's Steve Easterbrook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com