BTN Masih Kaji Rencana "Spin Off" Unit Usaha Syariah

Kompas.com - 25/04/2016, 20:00 WIB
Ilustrasi. Bank BTN KONTAN/ BaihakiIlustrasi. Bank BTN
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono menyatakan pihaknya masih mengkaji rencana "spin off" unit usaha syariah (UUS) menjadi bank syariah. Pasalnya, status UUS BTN belum berubah meski kinerjanya baik.

Dalam laporan kinerja keuangan kuartal I 2016, kinerja UUS BTN tercatat baik. Total aset mencapai Rp 14,7 triliun, tumbuh 29,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 11,4 triliun.

"Kita ingin spin off unit usaha syariah, tapi sekarang sedang mengkaji," kata Maryono di Jakarta, Senin (25/4/2016).

UUS BTN, sebut Maryono, juga mencatat peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK) menjadi sebesar Rp 12 triliun pada kuartal I 2016.

Capaian ini tumbuh 34,4 persen dibandingkan Rp 8,9 triliun pada periode yang sama tahun lalu. Dari sisi pembiayaan, UUS BTN membukukan pertumbuhan sebesar 20,4 persen pada kuartal I 2016 menjadi Rp 11,6 triliun.

Pada periode yang sama tahun lalu, pembiayaan yang disalurkan UUS BTN mencapai Rp 9,6 triliun. "Dari sisi keuntungan, UUS BTN mencatatkan keuntungan sebesar Rp 70,3 miliar atau tumbuh 30 persen dari 2015 yang sebesar Rp 54 miliar," jelas Maryono.

Kompas TV Program Sejuta Rumah Vertikal Tahan Gempa
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.