Kompas.com - 26/04/2016, 10:24 WIB
Kelapa sawit di area perkebunan di Pelalawan, Riau, 16 September 2015. AFP PHOTO / ADEK BERRYKelapa sawit di area perkebunan di Pelalawan, Riau, 16 September 2015.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak sawit mentah alias crude palm oil (CPO) terkoreksi, sejalan penurunan harga minyak kedelai. Namun analis menilai, koreksi harga minyak sawit hanya sementara karena sudah naik cukup signifikan.

Mengutip Bloomberg, Senin (25/4/2016), harga CPO kontrak pengiriman Juli 2016 di Malaysia Derivative Exchange melemah 0,63 persen ke level 2.673 ringgit Malaysia atau setara 684,7 dollar AS per metrik ton dibandingkan sehari sebelumnya.

Sepekan terakhir, harga CPO menguat 0,2 persen. Harga CPO telah melemah selama dua hari berturut-turut.

Wahyu Tri Wibowo, analis PT Central Capital Futures, mengatakan, koreksi harga CPO wajar terjadi setelah empat sesi sebelumnya terus menguat. "Penurunan CPO terkena dampak melemahnya harga minyak kedelai," ujar Wahyu.

Wahyu melihat, prospek CPO dalam jangka panjang masih tetap positif dengan harapan permintaan akan stabil atau bahkan lebih baik dari tahun lalu.

Data Intertek Testing Service menunjukkan, ekspor CPO Malaysia periode 1 - 25 April 2016 tumbuh 0,4 persen menjadi 889.944 ton dibanding periode yang sama bulan sebelumnya.

Harapan kenaikan permintaan juga berasal dari program biodiesel pemerintah Indonesia.

Deddy Yusuf Siregar, analis PT Asia Tradepoint Futures mengatakan, kebutuhan CPO untuk biodiesel dalam negeri pada periode Mei hingga Oktober 2016 masih di atas 1 juta kiloliter. "Artinya penyerapan CPO untuk energi terbarukan masih cukup tinggi," kata Deddy.

Analis menilai, angka pasokan dan permintaan cenderung terjaga tahun ini. Di tengah harapan naiknya permintaan, produksi terancam oleh El Nino.

Religare Capital Market memperkirakan, ancaman El Nino dapat menurunkan produksi CPO Malaysia menjadi 1,22 juta ton di bulan Maret atau turun dari periode sama tahun lalu sebesar 1,5 juta ton.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.