Canggih! Google dan Uber Koalisi untuk Mobil Otonom yang Aman

Kompas.com - 27/04/2016, 09:44 WIB
Mobil pintar rancangan Google GoogleMobil pintar rancangan Google
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebuah kelompok yang terdiri dari perusahaan otomotif dan teknologi ternama bergabung dalam koalisi untuk mengadvokasi kendaraan otonom (self-driving) agar aman melintasi ruas-ruas jalan di Amerika Serikat.

Adalah Alphabet Inc., Google, Ford Motor Co., Uber Technologies Inc., Volvo Cars dan Lyft Inc., yang bekerja bersama-sama dengan parlemen, regulator dan masyarakat untuk mewujudkan keamanan dan manfaat sosial dari kendaraan "self-driving", menurut sebuah pernyataan yang dimuat di Bloomberg, Selasa (27/4/2016).

Menurut pernyataan dari Uber, sebanyak 1,3 juta orang meninggal setiap tahun dalam kecelakaan lalu-lintas, di mana sebagian besar korban adalah anak muda. Mobil otonom atau self-driving diyakini dapat membantu menyelamatkan jutaan nyawa.

Mobil otonom dapat membuat jalan-jalan di Amerika Serikat menjadi lebih aman dan tidak padat, akan tetapi dibutuhkan satu standard federal untuk membuatnya bekerja secara aman di jalanan.

"Mobil otonom akan membantu orang-orang melakukan perjalanan lebih aman dan efisien, bahkan untuk mereka yang saat ini tidak dapat mengemudi," imbuh pernyataan dari Ford.

Mantan administrator Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional, David Strickland, akan berperan sebagai penasihat koalisi sekaligus juru bicara.

Dengan ini, Direktur Lyft Taggart Matthiesen yakin, kendaraan otonom akan menjadi transportasi utama di dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kompas TV Inilah Inovasi para Programer Muda Indonesia di Google Hack Fair 2015
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.