Ini Tiga Pelajaran Penting dari Perekonomian Indonesia 2015

Kompas.com - 28/04/2016, 11:15 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menyatakan, perekonomian Indonesia selama tahun 2015 telah memberi pelajaran penting.

Agus menuturkan, setidaknya ada tiga pelajaran penting yang dapat dipetik. Pertama, kebijakan makroekonomi perlu diterapkan secara disiplin, hati-hati, konsisten, dan tepat waktu.

Kedua, perlunya dukungan sinergi kebijakan antar pemangku kebijakan. Adapun pelajaran penting ketiga adalah pentingnya reformasi struktural dan diversifikasi sumber pertumbuhan ekonomi.

"Dari kebijakan pertama, kebijakan makroekonomi perlu diterapkan secara disiplin, hati-hati, konsisten, dan tepat waktu. Hal itu menjadi kunci dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," ujar Agus dalam sambutannya pada acara peluncuran buku Laporan Perekonomian Indonesia, Kamis (28/4/2016).

Sementara itu, pelajaran kedua menunjukkan bahwa disiplin kebijakan makroekonomi tidak cukup tanpa didukung sinergi kebijakan yang kuat antar pemangku kebijakan.

"Akhirnya, ketiga adalah pentingnya implementasi reformasi struktural dan diversifikasi sumber pertumbuhan ekonomi, termasuk hilirisasi, yang dapat memperkuat fondasi perekonomian, sehingga perekonomian menjadi lebih berdaya tahan dan tumbuh berkelanjutan," jelas Agus.

Kompas TV BI Ubah Bunga Acuan?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.