Pemasaran Baterai Skuter Listrik Gesits Bisa Dorong Ekonomi Rakyat

Kompas.com - 05/05/2016, 12:51 WIB
Gesits merupakan hasil karya mahasiswa ITS, Surabaya. Agung Kurniawan/KompasOtomotifGesits merupakan hasil karya mahasiswa ITS, Surabaya.
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Gesits adalah skuter otomatis bertenaga listrik, hasil kolaborasi Garasindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Gesits dibekali daya motor listrik 5 KwH, dengan menggunakan asupan tenaga dari baterai lithium ion.

Sekali baterai terisi penuh, motor ini mampu menjelajah jarak hingga 100 kilometer, dengan kecepatan maksimum hingga 100 kilometer per jam.

Untuk mengisi ulang, dibutuhkan waktu 1,5 jam-3 jam dari posisi kosong sampai baterai terisi penuh.

Agar pengendara tidak butuh waktu lama untuk mengisi baterai, ke depan pemasaran baterai Gesits akan dilakukan di banyak tempat misal SPBU, mini market, bahkan warung di pinggir jalan.

"Lewat konsep ini juga, Gesits punya cita-cita untuk bisa ikut memajukan ekonomi rakyat lewat usaha kecil dan menengah, ujar Muhammad Al Abdullah, CEO Grup Garansindo di Surabaya, Selasa (3/5/2016).

Agung Kurniawan/KompasOtomotif Konsumen bisa menunggu baterai sampai terisi penuh atau tukar-tambah.
Caranya bagaimana? Pertama-tama, kolaborasi Garansindo dan ITS menyiapkan sarana pendukung skuter listrik itu, yakni sistem pengisian baterai atau charger.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sistem pengisian baterai ini menggunakan konsep hibrida, selain memanfaatkan pasokan listrik konvensional dari PLN, juga dari panel surya (solar panel).

Nah, sistem ini bisa dimiliki oleh siapa saja. Misal pengusaha kecil, menengah, atau besar. Mereka nantinya akan menyediakan baterai yang sudah terisi penuh, yang bisa dijual ke pengguna Gesits yang kehabisan baterai.

Menurut Al, dengan memanfaatkan asupan listrik rumahan saja, bisnis tukar-tambah baterai ini sudah menguntungkan. Apalagi, kalau dipadu dengan supan listrik lewat panel surya, akan jauh lebih ekonomis.

"Lewat konsep ini, maka akan terpicu lahirnya pebisnis rumahan yang bisa ikut menikmati keuntungan dari teknologi anak bangsa ini,” ucap Al. (Agung Kurniawan)

Kompas TV 2018, Hadir Motor Listrik karya Mahasiswa



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.