Tekan Inflasi, TPID Diharapkan Capai Empat Program Prioritas

Kompas.com - 05/05/2016, 16:01 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAprillia Ika

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Masa libur panjang akan menjadi salah satu pemicu inflasi pada pembuka kuartal II 2016. Naiknya harga tiket transportasi ke level batas atas adalah salah satu penyebabnya.

“Inflasi pada Mei 2016 mengalami kenaikan yang dipicu penyesuaian tarif angkutan udara pada masa libur panjang, naiknya tarif listrik dan meningkatnya konsumsi jelang bulan puasa,” kata Deputi Direktur Bank Indonesia Pangkalpinang, Bayu Martanto, melalui pesan elektronik yang diterima Kompas.com, Kamis (5/5/2016).

Menyikapi inflasi ini, Bank Indonesia mendorong Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk mendorong tercapainya empat program prioritas.

Program tersebut berupa peningkatan produksi komoditas pangan, pengendalian harga ikan dan biaya pendidikan, mempersiapkan operasi pasar serta membangun infrastruktur untuk membantu kelancaran distribusi barang.

Menurut Bayu, inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) secara tahunan mencapai 3,91 persen. Namun, angka ini diklaim masih dalam objek prediksi Bank Indonesia sebesar 4 persen.

“Dampak lanjutan penurunan harga BBM akan membantu menekan inflasi,” ujar Bayu meyakinkan.

Bank Indonesia mengingatkan, sejumlah kebutuhan yang jarang diperhatikan, seperti langganan surat kabar, tas sekolah dan kopi bubuk telah mengalami kenaikan. Meskipun jumlahnya tak begitu signifikan, tapi bisa memicu terjadinya inflasi.

“Koordinasi Bank Indonesia dengan TPID ini akan membantu menekan inflasi. Produksi dan ketersediaan kebutuhan masyarakat ini harus dijaga,” ujarnya.

Kompas TV Apa Sih Inflasi Itu?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.