Hotel Mewah Tidak Takut Disrupsi Aplikasi Sewa Tempat Airbnb

Kompas.com - 06/05/2016, 17:56 WIB
Situs Airbnb AirbnbSitus Airbnb
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Hotel mewah tidak takut pada ekspansi aplikasi sewa tempat menginap Airbnb yang saat ini terus berkembang. Justri, jaringan hotel menengah yang harus waspada terhadap aplikasi ini.

Demikian disampaikan John Khoury dari Long Pond Capital LP, pada Sohn Investment Conference di New York, AS. Dia memberikan contoh Hyatt Hotels Corp sebagai jaringan hotel mewah tersebut.

Menurut dia, saham Hyatt naik 60 persen karena tetap menjadi tempat favorit bagi sektor real estate. Dia optimistis jika hotel mewah tidak akan terdisrupsi oleh Airbnb, sebab aliran uang dari pelancong mewah masih akan tetap ada.

Sementara itu, Cowen & Co juga memberikan catatan bahwa hotel merupakan tempat yang mendapatkan keuntungan bersihdiantara bisnis pelancong lain. Hasil survei perusahaan ini mengatakan, pengguna Airbnb, ternyata lebih suka menggunakan hotel ketika mereka bepergian untuk keperluan bisnis.

Dok. Bloomberg Survei data pengguna hotel dan Airbnb di Februari 2016.
Sementara Goldman Sachs Group Inc juga menghelat riset yang menyatakan bahwa banyak pengguna Airbnb enggan jadi pengguna loyal setelah penggunakan aplikasi ini. Akibatnya, pasar peer to peer travel masih rendah penetrasinya diantra bisnis pelancongan lainnya.

Kompas TV Pengunjung Hotel Meningkat 90 Persen
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.