Kompas.com - 11/05/2016, 08:46 WIB
Ilustrasi Minyak KOMPAS/TOTO SIHONOIlustrasi Minyak
|
EditorAprillia Ika

RIYADH, KOMPAS.com - CEO raksasa minyak milik pemerintah Arab Saudi, Saudi Aramco, Amin Nasser mengatakan produksi minyak negara itu akan meningkat pada tahun 2016.

Padahal, sebelumnya ada wacana penahanan produksi untuk menggenjot harga minyak. Rencana ini digulirkan Nasser seiring dengan penjualan saham Saudi Aramco, yang dapat bervaluasi pada kisaran 2 triliun dollar AS.

Valuasi tersebut amat besar, hingga 4 kali lipat valuasi saham Apple. Penjualan 5 persen saham Saudi Aramco merupakan rencana yang menarik sebagai bagian dari rencana melipatgandakan ukuran ekonomi Arab Saudi pada tahun 2030.

Selain itu, langkah ini juga berguna untuk mengurangi ketergantungan negara itu pada sektor migas. Namun, diversifikasi ini tidak berarti mengganti peran bahan bakar fosil.

Rencana yang dinamakan Visi 2030 ini akan mengalihkan uang dari minyak untuk investasi di sektor seperti petrokimia, pertambangan, pariwisata, dan konstruksi.

Harapannya adalah untuk melipatgandakan ukuran ekonomi dan menciptakan 6 juta lapangan kerja di Arab Saudi dalam kurun 15 tahun.

Ini adalah langkah yang besar bagi negara yang menggantungkan sekitar 90 persen pendapatan ekonominya pada minyak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kalau rencana peningkatan produksi minyak akan benar terealisasi, maka ini akan menciptakan masalah lebih besar bagi negara-negara produsen minyak lainnya seperti Venezuela dan Nigeria.

Kompas TV Bagaimana Posisi Harga Minyak Dunia?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BBC.com
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.