Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin: Pameran Otomotif Perkuat Industri dan Investasi

Kompas.com - 12/05/2016, 07:01 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif dinilai menjadi salah satu pendorong industri otomotif dan penguat aliran investasi sektor terkait. Hal ini seiring industri otomotif nasional yang terus berkembang.

Pabrikan yang dulu hanya merakit kini sudah semakin banyak melakukan produksi mesin, komponen dan menggandeng perusahaan lokal.

“Saya juga minta pabrikan mengedukasi pengunjung pameran dan konsumen, tentu tidak dengan bahasa formal dan industri otomotif keseluruhan," kata  Menteri Perindustrian Saleh Husin saat menerima pengurus Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (11/5/2016).

"Sampaikan saja bagaimana sebagian ataupun keseluruhan mobil tipe A, B, C telah diproduksi di Indonesia. Memang perlu proses, kita mulai dari informasi lalu nanti berlanjut menjadi rasa bangga pada produk industri nasional,” tambah Menperin. 

Dalam jangka panjang, dia menekankan, sebenarnya hal ini juga membantu pabrikan mendapat kepercayaan konsumen.

Sebab, industri otomotif sendiri juga tengah mendongkrak tingkat penggunaan komponen lokal dan investasi otomotif seiring dorongan pemerintah memperkuat struktur industri ini.

Ke depan, hal ini diharapkan menumbuhkan pengetahuan konsumen pada produk industri nasional. Apalagi, Indonesia terus menempel, persaingan dengan industri otomotif negara lain di ASEAN, seperti Thailand.

Kompas TV Penjualan Otomotif Terus Turun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com