Otoritas Pajak: 899 Nama di 'Panama Papers' akan Dikejar

Kompas.com - 12/05/2016, 19:56 WIB
Ilustrasi KONTAN/CAROLUS AGUS WALUYOIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Ken Dwijugiasteadi mengatakan, DJP telah merampungkan sebagian identifikasi nama-nama orang Indonesia yang disebut-sebut punya aset di luar negeri.

Sebanyak 899 nama yang diidentifikasi cocok dengan nama-nama yang dirilis Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ). ICIJ melaporkan ada 1.038 nama orang Indonesia dalam daftar Panama Papers.

"Dari nama yang telah teridentifikasi, sebanyak 272 nama ber-NPWP. Dari 272 yang ber-NPWP itu hanya 225 yang telah melaporkan Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan (SPT)," kata Ken di Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Ken menambahkan, dari 272 nama yang ber-NPWP itu, sebanyak 137 nama telah menerima SKP/STP. Sementara itu, dari 272 nama yang ber-NPWP sebanyak 78 nama sudah diberikan imbauan oleh DJP.

"Kalau imbauan, orang itu diimbau untuk membetulkan SPT-nya," kata dia.

Lebih lanjut dia bilang, dari 899 nama yang diidentifikasi, apabila setelah pembetulan SPT, wajib pajak bersangkutan masih tidak bisa menjelaskan atau mengklarifikasi informasi dari Panama Papers, maka DJP akan melakukan pemeriksaan.

Ken mengatakan, lamanya pemeriksaan tergantung pada kekuatan personil DJP di lapangan. Dia hanya menyebutkan, kalau untuk pemeriksaan WP orang pribadi dibutuhkan waktu sekitar 30 hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.