Pangkas Jalur Distribusi, Kementan Luncurkan Pasar Tani Indonesia

Kompas.com - 16/05/2016, 17:08 WIB
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pertanian meluncurkan program pengembangan usaha pangan masyarakat melalui Pasar Tani Indonesia (PTI). Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengharapkan Toko Tani Indonesia (TTI) dapat menstabilkan harga bawang merah di pasaran. "Tingginya harga bawang merah di pasaran saat ini, ternyata berbanding terbalik dengan yang diterima petani. Di pasaran, harga per kilo di atas Rp 40.000. Sedangkan di petani, bawang merah basah ada yang hanya dihargai Rp14.000 per kilo," ujar Amran.

Mentan menilai, hal itu terjadi akibat banyaknya mata rantai perdagangan yang menyebabkan struktur harga tidak efesien. Untuk itu, TTI diharapkan bisa jadi pasar alternatif, guna mendekatkan produsen dengan konsumen. “Keberadaan TTI membuat mata rantai perdagangan bawang merah akan terpangkas hingga dua sampai tiga titik saja,” ujar dia, di saat peluncuran PTI di Bandung, Minggu (15/5/2016).

Dia mencontohkan, pada saat bazar pangan TTI, konsumen hanya perlu membayar Rp 22.000/kg untuk bawang merah. Keberadaan TTI juga diharapkan memberi kepastian usaha bertani, pada saat bersamaan meringankan kebutuhan pangan di tingkat konsumen. Dalam kesempatan tersebut juga hadir, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kepala Badan Ketahanan Pangan Gardjita Budi, Sesditjen Hortikultura Yazid Taufik, dan Ketua Komisi IV DPR Edi Prabowo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.