Ada Upaya Pembalikan Arah, IHSG Hari Ini Diestimasi Bergerak Bervariasi

Kompas.com - 17/05/2016, 08:15 WIB
Ilustrasi bursa ThinkstockIlustrasi bursa
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Daewoo Securities mengestimasi adanya upaya pembalikan arah pada pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), yang pada perdagangan Senin (16/5/2106) ditutup di zona merah, di level 4.731, turun 30,15 poin atau turun 0,63 persen.

Menurut Daewoo Securities, minimnya katalis serta dorongan berita positif, membuat IHSG ditutup melemah.  

Tekanan pelemahan dipimpin oleh terpuruknya sektor aneka-industri sebesar 1,81 persen, disusul oleh sektor manufaktur dan konsumer yang masing-masing membukukan kerugian sebesar 1,33 persen.

Para pelaku pasar masih dalam posisi “wait and see”, dimana kondisi tersebut tercermin dari jumlah saham yang berpindah tangan pada perdagangan Senin 15,65 persen lebih rendah dibandingkan dengan jumlah saham yang diperdagangkan Jumat (13/5/2016) sebelumnya.

Demikian pula total nilai transaksi terakumulasi tercatat Rp 4,82 triliun.

Menurut analisis teknikal Daewoo Securities, Short Black Candle yang melengkapi formasi breakaway bearish yang terbentuk pekan lalu, menggambarkan adanya upaya pembalikan arah pada titik 10.79 oversold stochastic.

Dengan mencermati stop-loss support 4.720, apabila IHSG mampu bergerak positif dan menguji penetrasi resistensi 4.735-4.740, maka IHSG akan bertahan pada uptrend channelnya dengan ekspektasi target resistensi terdekat pada hari ini di 4.830.
 
"Waspadai perubahan channel dengan target support 4.601-4.605, apabila IHSG gagal bertahan pada support 4.715-4.725 hari ini," tulis Daewoo kepada Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kompas TV Investor Asing "Cabut" Dana dari Pasar Saham
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.