Kronologi Penumpang AirAsia dari Singapura Salah Masuk Terminal Domestik

Kompas.com - 17/05/2016, 22:28 WIB
Terminal kedatangan Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Selasa (9/2/2016). Bali masih menjadi destinasi wisata utama pelancong dari mancanegara (BPS, Desember 2015). Estu Suryowati/KOMPAS.comTerminal kedatangan Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Selasa (9/2/2016). Bali masih menjadi destinasi wisata utama pelancong dari mancanegara (BPS, Desember 2015).
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengelola Bandara Ngurah Rai, Bali, menjelaskan kronologi insiden salah masuk penumpang AirAsia dari Singapura ke terminal domestik pada Senin (16/5/2016) malam.

Penerbangan AirAsia Indonesia dengan nomor penerbangan QZ 509 yang membawa 155 penumpang dari Singapura mendarat di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, pada pukul 23.54 Wita.

Dari keterangan Angkasa Pura I, ada dua pesawat lain yang tiba hampir bersamaan.

Pertama, pesawat Indonesia AirAsia X dengan kode XT 555 dari Kuala Lumpur yang mendarat pada pukul 23.55 Wita lalu parkir di Bay 33.

Kedua, pesawat AirAsia Indonesia QZ 537 dari Perth, Australia, yang mendarat pada Selasa dini hari pukul 00.04 Wita, lalu parkir di Bay 10b.

AirAsia Indonesia mempersiapkan tiga bus untuk mengangkut penumpang QZ 509 menuju ke terminal kedatangan internasional.

Pada saat menangani penumpang QZ 509, terjadi kesalahpahaman komunikasi antara sopir bus pertama dan petugas flight controller sehingga membawa sebagian penumpang ke terminal domestik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebanyak 47 penumpang penerbangan internasional pada bus tersebut diarahkan ke terminal kedatangan domestik," ujar Corporate Secretary Angkasa Pura I, Farid Indra Nugraha, dalam keterangannya, Selasa (17/5/2016).

Petugas darat AirAsia Indonesia di terminal domestik kemudian menerima informasi dari tim Aviation Security Bandara Internasional Ngurah Rai. Menurut pemberitahuan tersebut, satu bus itu telah menurunkan penumpang QZ 509 di terminal kedatangan domestik.

"Setelah mendapatkan informasi, petugas darat AirAsia Indonesia dibantu oleh tim aviation security segera mengarahkan penumpang kembali ke bus untuk kemudian diantarkan ke terminal kedatangan internasional," kata Farid.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.