Irak Geser Arab Saudi sebagai Pemasok Minyak Terbesar India

Kompas.com - 18/05/2016, 15:35 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

NEW YORK, KOMPAS.com — Irak kini telah menggeser posisi Arab Saudi sebagai pengekspor minyak mentah terbesar ke India.

Irak mengekspor 960.700 barrel minyak per hari ke India, sementara Arab Saudi mengekspor 787.700 barrel minyak per hari pada bulan April 2016.

Ekspor minyak Irak ke India meningkat 41 persen pada bulan April 2016, dan 79 persen meningkat dibandingkan tahun lalu. Pada saat bersamaan, ekspor minyak Arab Saudi ke India turun 14 persen pada bulan April 2016 lalu dibandingkan tahun sebelumnya.

Mengutip Business Insider, Rabu (18/5/2016), Irak secara umum menyumbang 22 persen impor minyak mentah oleh India pada bulan April 2016, sementara pada tahun sebelumnya mencapai 15 persen.

Adapun porsi pasar minyak Arab Saudi di India turun ke 18 persen dibandingkan 25 persen pada tahun 2015 lalu. Saat ini, jumlah impor minyak mentah India mengalami peningkatan.

Sejak Maret 2016 lalu, impor minyak mentah India mengalami kenaikan 6 persen dan naik 9,9 persen pada empat bulan pertama tahun 2016. Adapun hingga April 2015, impor turun 0,6 persen karena penghentian kegiatan pemurnian.

Permintaan India akan minyak mentah telah meningkat tahun ini karena kurangnya proses perawatan pada kilang pemurnian di negara tersebut. Para analis tidak terkejut dengan perubahan porsi pasar dari Arab Saudi ke Irak ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Minyak Irak lebih menguntungkan ketimbang minyak Arab Saudi karena harganya lebih baik. Ada perbedaan yang signifikan dalam aspek harga," kata AK Shahrma, Kepala Departemen Keuangan Indian Oil Corp.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.