Insiden Lion Air dan AirAsia, Kemenhub Juga Periksa Lembaga Training

Kompas.com - 19/05/2016, 07:50 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo di Jakarta, Selasa (10/5/2016) Kompas.com/ Yoga SukmanaDirektur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo di Jakarta, Selasa (10/5/2016)
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang menginvestigasi insiden yang terjadi atas kesalahan yang dilakukan PT Lion Air dan PT Indonesia Air Asia.

Direktur Jendral Perhubungan Udara (Dirjenhubud) Kemenhub Suprasetyo menjelaskan pihaknya akan mereview lembaga pelatihan dari masing-masing perusahaan.

Kemudian, pihaknya akan mengecek dan mengaudit lembaga diklat apakah dalam pendidikan sudah sesuai dengan kurikulum.

"Kami akan review lembaga training apakah menjalankan silabus training secara keseluruhan dan kita akan cek audit semua lembaga diklat kalau diperlukan ya kurikum ditambahkan," ujarnya dalam Konpers di Kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu (18/5/2016).

Kemenhub juga akan menginvestigasi seperti apa instruksi supervisor kepada sopir, dan apakah intruksi tersebut sudah sesuai dengan apa yang disampaikan oleh supervisor.

"Bisa saja tidak ada kesalahan, trainingnya atau selama ini sudah benar, tentu nanti kita audit apakah adalah kesalahan training, bisa saja pengemudinya gak ikut training," pungkasnya.

Dalam menginvestigasi ini ia menuturkan sudah membuat tim khusus yang diatur dalam Surat Keputusan (SK).

Ia mengatakan akan ada dua tim untuk meninvestigasi insiden ini, tim satu telah keluar SKnya pada 16 Mei lalu untuk menyelidiki Lion Air di Bandar Udara Soekarno-Hatta.

"Untuk tim penyelidikan Air Asia mudah-mudah SK-nya cepat keluar," ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.