Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Ramli: Jangan Mimpi Pariwisata Maju jika Toilet Saja Tidak bersih

Kompas.com - 19/05/2016, 11:04 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

LARANTUKA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli memberikan wejangan kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk memajukan industri pariwisata.

Salah satu yang dipesankan yakni tentang pentingnya menjaga kebersihan. "Jangan mimpi turisme maju kalau toilet saja tidak bersih," ujar Rizal saat memberikan arahan usai melepas peserta Tour de Flores di Larantuka, NTT, Kamis (19/5/2016).

Memang kata dia, kebersihan adalah hal yang kecil. Akan tetapi bisa memiliki dampak yang sangat besar terhadap pengembangan sektor pariwisata. Selama ini, kebersihan wilayah objek wisata bisa berpengaruh terhadap kedatangan wisatawan.

Sebab, kebersihan selalu berkaitan erat dengan kenyamanan. Selain itu, Rizal juga meminta masyakarat NTT untuk terbuka terhadap pendatang. Budaya senyum harus digalakkan sejak dini.

Berdasarkan keterangan Kapala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu, hingga saat ini, konstribusi sektor pariwisata terhadap pendapatan asli daerah (PAD) NTT hanya 4 persen. Total jumlah PAD NTT sekitar Rp 850 miliar.

Menurut Marius, sektor yang menyumbang konstribusi paling besar bagi PAD NTT yakni pertanian sebesar 39 persen. Sisinya disumbang oleh sektor sekunder dan tersier.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com