Jokowi Setuju Perusahaan Rusia Rosneft Garap Kilang Tuban

Kompas.com - 20/05/2016, 21:35 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah perusahaan minyak asal Rusia, Rosneft, memenangkan tender pembangunan kilang minyak di Tuban, dengan nilai investasi mencapai 13 miliar dollar AS, atau setara Rp 175,5 triliun.

Presiden Joko Widodo sepakat dengan pilihan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno, bahwa Rosneft yang akan bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero) dalam pembangunan kilang Tuban.

(baca: Kilang Tuban Bakal Digarap Investor Rusia)

Rini mengatakan, Jokowi berharap kesepakatan pembangunan kilang Tuban segera diselesaikan.

Sehingga, nota kesepahaman dapat ditandatangani pada Kamis (26/5/2016) mendatang, di Jakarta.

"Kita targetkan dapat membangun penuh di 2018, kemudian Presiden menekankan bahwa seharusnya bisa dilakukan di akhir 2017. Mereka beri janji kepada Presiden akan bekerja sekeras mungkin untuk bisa mencapai target yang diharapkan," kata Rini melalui keterangan resmi kepada wartawan, Jumat (20/5/2016).

Pada hari ketiga kunjungan kerja ke Rusia, Jokowi didampingi sejumlah menteri menerima kunjungan kehormatan dari CEO Rosneft, Igor Sechin beserta rombongan.

Dalam pertemuan itu, pihak Rosneft berharap bisa membangun kilang Tuban dengan kapasitas produksi sebesar 320.000 barel per hari (bph).

Tawarkan ladang minyak

Di samping kerjasama pembangunan kilang Tuban, Rosneft juga menawarkan Pertamina sejumlah ladang minyak di Rusia, sehingga bisa memperkuat cadangan minyak nasional.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.