Tingkatkan Populasi Sapi,, Kabupaten Semarang Galakkan Inseminasi Buatan

Kompas.com - 23/05/2016, 17:17 WIB
Sapi Bima dari Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging domestik, pemerintah mengembangkan sentra pembibitan dan penggemukan sapi pada lahan 1 juta hektar oleh sembilan investor. Josephus PrimusSapi Bima dari Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging domestik, pemerintah mengembangkan sentra pembibitan dan penggemukan sapi pada lahan 1 juta hektar oleh sembilan investor.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

UNGARAN, KOMPAS.com - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Semarang ingin meningkatkan populasi sapi hingga dua kali lipat dalam rangka mendukung program swasembada daging melalui Inseminasi buatan (IB).

Kepala Dinas Peternakkan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Semarang, Urip Triyoga mengatakan hingga saat ini populasi sapi di Kabupaten Semarang berjumlah 80.000 ekor. Dari jumlah itu berkisar 30.000 hingga 40.000 ekor di antaranya adalah sapi betina.

"Saat ini masih sangat memungkinkan untuk memperbanyak jumlah sapi di Kabupaten Semarang. Sementara ini sentra sapi berada di Kecamatan Getasan, Tengaran, Bancak, Bringin, Kaliwungu dan sebagian Ungaran," ungkapnya Senin (23/5/2016).

Menurut dia, komponen utama untuk program IB adalah sperma (semen) beku sapi dan petugas inseminator.

Selama ini sperma beku dibantu dari Pemprov Jateng. Pihaknya akan mengusulkan ke Komisi B untuk mengadakan gerakan pelatihan inseminator.

Hingga saat ini, lanjutnya, jumlah inseminator di Kabupaten Semarang baru ada 32 orang petugas. Jumlah itu termasuk inseminator swakarsa di desa.

"Tapi bukan masalah banyak atau sedikitnya sapi betina, namun kita ingin menambah populasi sapi di Kabupaten Semarang," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pelaksanaan IB direncanakan akan dilakukan pada 2017 melalui kelompok ternak yang ada di Kabupaten Semarang. Misalnya, dalam satu minggu mencari sapi betina yang sudah birahi. Kalau tahu ada sapi betina birahi, inseminator turun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.