Bekraf: Tata Kelola yang Baik Bisa Datangkan Investor

Kompas.com - 24/05/2016, 20:12 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Ekonomi Kreatif menyatakan bahwa pengaturan tata kelola keuangan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang baik dapat menarik minat investor untuk menanamkan modalnya.

Tambahan modal yang didapat bisa digunakan untuk mengembakan bisnis UKM itu sendiri.

Deputi Bidang Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif, Fadjar Hutomo mengatakan, UKM perlu menata diri agar dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan kapasitas untuk menjalankan usaha secara lebih optimal.

"Salah satu upaya peningkatan kapasitas dapat berbentuk penambahan modal," ujarnya dalam acara workshop permodalan dan pengelolaan keuangan syariah, di Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Fadjar menuturkan salah satu syarat yang sangat penting dan harus dimiliki oleh para UKM adalah memiliki pengaturan tata keuangan yang baik.

Itu diperlukan agar para UKM mendapatkan kepercayaan dari investor, sehingga investor mau menyumbangkan uangnya.

"Tata kelola keuangan yang akuntabel dapat meningkatkan potensi penambahan modal dari pihak luar. Seperti misalnya investor atau perbankan melalui mekanisme kredit usaha rakyat (KUR)," kata dia.

Sementara itu, Konsultan Bisnis Ligwina Hananto mengatakan, pemilik Bisnis UKM harus bisa membuat laporan keuangan bisnisnya.

Karena kalau pelaku tidak bisa membuat laporan keuangan, maka bisninya tidak akan naik kelas dan sulit mendapatkan akses permodalan.

"UKM ini mestinya jadi tulang punggung Indonesia dalam hal industri kreatif, sehingga kita harus mendorong UKM dan pastinya UKM itu harus punya tata keuangan yang baik agar modal bisa masuk," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.